-->

RESEP MEMBUAT BAKSO AYAM



Resep membuat bakso ayam

Bahan Bakso
1 kg dada ayam tanpa kulit & tulang
4 siung bawang putih
6 sdm air es yg dingin sekali
6-8 sdm tepung sagu/ kanji
2 butir telur
1/2bgks royco ayam
1 sachet kecil ladaku merica bubuk
Secukupnya garam

Bahan kuah bakso:
2-2 1/5 liter air kaldu ayam
1 bungkus kaldu kuah bakso 
Secukupnya gula & garam

Haluskan:
8 siung bawang putih
1sdt merica bubuk
1/4 buah pala

Pelengkap:

Bihun, mi kuning (saya pakai mie telor),sawi, bawang goreng,seledri, sambal rawit bagi yg suka pedas(saya tidak pakai sambal karena tidak suka peda hehehe)saos,kecap manis.

Cara membuat:
-Cuci bersih daging ayam, potong2 lalu bekukan dalam freezer minimal 6 jam (saya bekukan semalamam)

-Masukkan daging ayam yg sdh beku dlm cooper/food processor, tambahkan bawang putih utuh & air es, proses sampai halus agar menghasilkan bakso yg lembut. Tuang kedalam baskom, tambahkan sagu & telur, garam,royco & lada, uleni sampai rata.(karena saya nggk punya blender/food processor saya upahkan bawa ke tempat penggilingan daging, semua bahan2 dari rumah)

-Panaskan air dlm panci sampai setengah mendidih,matikan api,lalu bentuk bakso dengan bantuan tangan & sendok,bentuk bulat serapi mungkin sampai adonan habis,hidupkan kembali api lalu masak bakso sampai matang (mengapung), Angkat bakso dan tiriskan

-Kuah bakso: Tumis bumbu halus sampai wangi,masukkan bumbu ke dalam panci yang berisi air kaldu ayam,masak dengan api kecil,lalu masukkan garam,merica bubuk,kaldu kuah bakso & sedikit gula,tes rasa

-bakso ayam siap dihidangkan

-SELAMAT MENCOBA BUNDA-
Disqus Comments